Media Canva Sebagai Alternatif Pembelajaran Pembuatan Label Produk di Era Digital Metode pembelajaran yang inovatif di era digital tentunya sangat dibutuhkan. Guru harus mampu mengikuti perkembangan teknologi dan membimbing siswa agar bisa aktif dengan menggunakan media digital serta memanfaatkan teknologi dengan baik. Salah satu penerapan pembelajaran yang saya terapkan adalah penggunaan Canva dalam pembuatan label produk bagi siswa jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran XI (BDP) 1 SMKN 1 Wonogiri. Canva adalah alat bantu desain dan publikasi online dengan misi memberdayakan semua orang di seluruh dunia agar dapat membuat desain apa pun dan mempublikasikannya di mana pun. Penerapan media Canva bertujuan agar peserta didik lebih kreatif, aktif dan fokus dalam pembelajaran sekaligus mengenalkan Canva sebagai alternatif pembuatan desain. Pada tanggal 10 November 2022 pada saat jam pembelajaran sebelum dikenalkan Canva, siswa cenderung lebih pasif dan kurang memahami materi pembuatan label produk yang disampaikan. | | Setelah guru memberikan pengarahan dan menjelaskan, siswa diminta untuk membuat label produk dengan media Canva. Siswa menjadi antusias dan bersemangat setelah dikenal media Canva. Penggunaan media Canva dalam pembelajaran berhasil menjadikan siswa lebih fokus, aktif, dan lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan oleh guru, siswa mengalami perkembangan yang baik setelah menggunakan media Canva. Media Canva menjadi satu alternatif penggunaan medi pembelajaran yang efektif untuk dilakukan. |
Leave a Reply