PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA MATERI MEMBUAT POLA BEBE ANAK SESUAI DESAIN KELAS XI TATA BUSANA SMK NEGERI 1 WONOGIRI

Oleh: Ida Fitriana, S.Pd.
SMK Negeri 1 Wonogiri
Model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur sistematik dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu dan berfunsi sebagai pedoman bagi perancang pembelajaran dan para pendidik dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran. Model pembelajaran memiliki banyak jenis, sehingga untuk sehingga untuk memilih model pembelajaran yang tepat perlu diperhatikan relevansinya dengan penncapaian tujuan pembelajaran.
Model pembelajaran kooperatif tipe Time Assisted Individualization adalah model pembelajaran yang disusun dengan menggabungkan pembelajaran berkelompok dan individu. Dengan menggunakan model pembelajaran ini penulis dapat mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Time Assisted Individualization terhadap hasil belajar siswa pada materi membuat pola bebe anak sesuai desain. Dalam model pembelajaran mencakup enam fase kegiatan yaitu menyampaikan tujuan, menyajikan informasi, mengorganisasi siswa dalam kelompok belajar, membimbing kelompok belajar, evaluasi dan refleksi serta memberikan penghargaan. Dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Time Assisted Individualization kegiatan pembelajaran menjadi menyenangkan dan terbukti adanya peningkatan hasil belajar materi membuat pola bebe anak pada siswa kelas XI Tata Busana di SMK Negeri 1 Wonogiri.
Leave a Reply